Modul 1.4 tentang BUDAYA POSITIF





AKSI NYATA MODUL 1.4

BUDAYA POSITIF KESEPAKATAN KELAS


1.     Fact / Peristiwa

            Dengan Rasa sukur kepada Allah SWT. Modul 1.4 tentang BUDAYA POSITIF telah selesai kami pelajari  lengkap dengan kesepakatan kelas dan diseminasi pengimbasan pada teman sejawat di SDN ngasinan yang di hadiri oleh 16 orang. dengan rincian 9 orang dari teman seintansi sendiri (teman sejawat ) 7 orang dari instansi lain yang satu GUGUS 3. Yang saya lakukan pada tanggal 28 january di SDN Ngasinan, dalam kesempatan di buka dengan sambutan kepala Sekolah selanjutnya saya menyampaikan Pemahaman tentang budaya positif.

 

2.     Freeling /Perasaan

               Perasaan saya sangat senang  dapat berbagi ilmu dan pemahaman pada orang lain, menambah semangat saya dalam membuat dan menerapkan keyakinan kelas atau disiplin Kelas bersama murid. Sedikit demi sedikit perubahan karakter siswa ada perubahan, siswa merasa di hargai, sehingga displin, mandiri, kreatif dan berfikir kritis, relejius dan saling menghargai sudah nampak pada diri siswa, sesuai dengan profil pelajar pancasila.

3.     Finding / Pembelajaran

Ø  Terwujutnya keyakinan kelas sehingga tercipta karakter anak yang sesuai  ilai kebijakan universal

Ø  Siswa bisa menerapkan disiplin positif setiap hari, tanpa tekanan dan dorongan orang lain. (intrinsik )

4.    Future / Perencanaan

Hal yang saya lakukan diantaranya :

Ø  Menghadap kepala sekolah  sebagai pemberitahuan dan permohonan ijin

Ø  Mengali  siswa  Kelas impian, membuat kesepakatan kelas menjadi  disiplin kelas

Ø  Penerapan restitusi

Ø  Disiminasi pengimbasan sosialisasi  Budaya Positif pada teman sejawat

Ø  Mewujudkan budaya positif di sekolah pada peserta didik

Ø  Menumbuhkan motifasi internal yang mengandung kebijakan nilai- nilai  Universal

5.   Langkah -langkah yang saya lakukan

            Membimbing siswa secara kontinyuw dalam penerapan budaya positif dengan penuh Kesadaran berdasarkan motifasi internal, dengan mengunakan posisi kontrol dan Restitusi cara yang bisa mengembalikan pribadi anak menjadi lebih kuat dengan displin Tanggung jawab, kritis, mandiri, berkebinikaan sesuai profil pelajar pancasila


TUJUAN

    Menciptakan Murit merdeka dan disiplin yang tumbuh dari diri sendiri tanpa adanya dorongan ataupun tekanan dari orang lain

    Menumbuhkan budaya positif sekolah yang di awali dari kesepakatan kelas dengan meyakini nilai-nilai universal

    Menguatkan pemahaman sebagai calon guru pengerak. melalui penerapan restitusi dan posisi control sebagai manejer.


TOLAK UKUR

    Terbentuknya kesepakatan keyakinan kelas yang dilakukan  wali kelas bersama siswa Siswa mampu menerapkan dan menjalankan keyakinan kelas yang telah di sepakati Siswa mampu berbudaya positif disiplin kelas yang akhirnya menjadi sebuah karakter dalam kehidupan sehari-hari di sekolah ini


VIDEO KEGIATAN

OLEH

CALON GURU PENGERAK : CHOLIFATUL MUAWANAN,SpdI

FASILITATOR                      : Bpk. Dr SUBKHAN ROJULI ,S.E.MPd

GURU PRACTIK                  : Ibu TRI ERNI HUDAYA SPd.MPd