Modul 1.4 tentang BUDAYA POSITIF
AKSI NYATA MODUL 1.4
BUDAYA POSITIF KESEPAKATAN KELAS
1. Fact / Peristiwa
Dengan Rasa sukur kepada Allah SWT. Modul 1.4 tentang BUDAYA POSITIF telah selesai kami pelajari lengkap dengan kesepakatan kelas dan diseminasi pengimbasan pada teman sejawat di SDN ngasinan yang di hadiri oleh 16 orang. dengan rincian 9 orang dari teman seintansi sendiri (teman sejawat ) 7 orang dari instansi lain yang satu GUGUS 3. Yang saya lakukan pada tanggal 28 january di SDN Ngasinan, dalam kesempatan di buka dengan sambutan kepala Sekolah selanjutnya saya menyampaikan Pemahaman tentang budaya positif.
2. Freeling /Perasaan
Perasaan saya sangat senang dapat berbagi ilmu dan pemahaman pada orang lain, menambah semangat saya dalam membuat dan menerapkan keyakinan kelas atau disiplin Kelas bersama murid. Sedikit demi sedikit perubahan karakter siswa ada perubahan, siswa merasa di hargai, sehingga displin, mandiri, kreatif dan berfikir kritis, relejius dan saling menghargai sudah nampak pada diri siswa, sesuai dengan profil pelajar pancasila.
3. Finding / Pembelajaran
Ø Terwujutnya keyakinan kelas sehingga tercipta karakter anak yang sesuai ilai kebijakan universal
Ø Siswa bisa menerapkan disiplin positif setiap hari, tanpa tekanan dan dorongan orang lain. (intrinsik )
4. Future / Perencanaan
Hal yang saya lakukan diantaranya :
Ø Menghadap kepala sekolah sebagai pemberitahuan dan permohonan ijin
Ø Mengali siswa Kelas impian, membuat kesepakatan kelas menjadi disiplin kelas
Ø Penerapan restitusi
Ø Disiminasi pengimbasan sosialisasi Budaya Positif pada teman sejawat
Ø Mewujudkan budaya positif di sekolah pada peserta didik
Ø Menumbuhkan motifasi internal yang mengandung kebijakan nilai- nilai Universal
5. Langkah -langkah yang saya lakukan
Membimbing siswa secara kontinyuw dalam penerapan budaya positif dengan penuh Kesadaran berdasarkan motifasi internal, dengan mengunakan posisi kontrol dan Restitusi cara yang bisa mengembalikan pribadi anak menjadi lebih kuat dengan displin Tanggung jawab, kritis, mandiri, berkebinikaan sesuai profil pelajar pancasila
TUJUAN
Menciptakan Murit merdeka dan disiplin yang tumbuh dari diri sendiri tanpa adanya dorongan ataupun tekanan dari orang lain
Menumbuhkan budaya positif sekolah yang di awali dari kesepakatan kelas dengan meyakini nilai-nilai universal
Menguatkan pemahaman sebagai calon guru pengerak. melalui penerapan restitusi dan posisi control sebagai manejer.
TOLAK UKUR
Terbentuknya kesepakatan keyakinan kelas yang dilakukan wali kelas bersama siswa Siswa mampu menerapkan dan menjalankan keyakinan kelas yang telah di sepakati Siswa mampu berbudaya positif disiplin kelas yang akhirnya menjadi sebuah karakter dalam kehidupan sehari-hari di sekolah ini
VIDEO KEGIATAN
OLEH
CALON GURU PENGERAK : CHOLIFATUL MUAWANAN,SpdI
FASILITATOR : Bpk. Dr SUBKHAN ROJULI ,S.E.MPd
GURU PRACTIK : Ibu TRI ERNI HUDAYA SPd.MPd